BOLA GOLF JADI PENANTANG


Di era digital ini masih saja ada yang beranggapan jika bumi itu datar dan tak berputar baik pada porosnya maupun mengelilingi matahari. Argumen argumenpun dilontarkan. Salah satunya dalam buku karangan Eric Dubay, pada point 5 diutarakan "Jika Bumi benar-benar bulat dan berputar, helikopter akan bisa melayang di tempat dan menunggu untuk sampai ke tujuan mereka" 
    Di dalam dunia maya juga ada yang mendukung argumen ini, ada yang mengatakan "jika bumi berputar tentu kalau kita lompat jatuhnya tidak akan di tempat saat lompat tapi jauh entah di mana". Ada juga yang mengatakan "Jika bumi berputar tentu kia akan merasa pusing". Atau jika bumi berputar tentu air laut akan berguncang.

Waktu kecilpun saya dan temam-teman juga berpandangan seperti ini. Dan ini adalah wajar karena saya belum sekolah belum mengerti banyak ilmu-ilmu fisika. Bahkan waktu kecilpun saya sempat bereksperimen "Jika saya berada dalam mobil yang sedang bergerak dan saya jatuhkan benda di manakah jatuhnya?" Sayangnya eksperimen saya dilakukan pada mobil bak terbuka dan benda yang saya jatuhkan sangat ringan jadinya lebih terpengaruh oleh angin di atas bak mobil.

Untuk membuktikannya mari kita bereksperimen dalam khayalan ini
1. Kita sedang berada di dalam kereta yang bergerak dengan kecepatan konstan 60Km/Jam atau 1Km/menit.
2. Kita memiliki sebuah bola golf
3. Pegang bola golf pada ketinggian 1 meter dari lantai kereta
4. Arahkan bola golf tepat di atas telapak kaki kita 
5. Lepaskan bola golf tanpa memberikan gaya (lepaskan saja)
6. Hasilnya apakah telapak kaki terasa sakit karena kena bola ataukah bola itu jatuh entah di mana?

Menurut penganut pandangan ini mestinya bola akan jatuh kira-kira 7.4 meter menjauh dari arah gerak kereta.

Inilah perhitungannya
Waktu yang ditempuh bola untuk mencapai lantai adalah
S=VoT+1/2gT2

S=Jarak bola dari lantai ( 1 meter)
Vo=Kecepatan awal bola (dalam eksperimen ini adalah 0)
T=Waktu tempuh
g=percepatan gravitasi (10m/detik2)

(penganut pandangan ini tidak percaya adanya gaya gravitasi, tapi percepatan gravitasi tidak bisa dibantah keberadaannya)


Kita masukan nilai yang sudah diketahui

1 = 0 + 1/2 x 10m/detik2 x T2

1 = 5 x T2

T2 = 0.2

T=0.447 detik (waktu tempuh bola sampai ke lantai)

Bola yang dilepaskan akan menjauh dari gerak kereta sejauh S = VT

S = Jarak tempuh bola mendatar 
V = Kecepatan kereta 1Km/menit atau 1000m/menit atau 16.7m/detik
T = Waktu tempuh

kita masukan nilai yang sudah diketahui

S = 16.7 x 0.447
S = 7.45 meter

Cukup jauh bukan? Silakan dibuktikan !!! Tapi siap2 meringis kesakitan ya karena telapak kaki kejatuhan bola golf!!!


Sadarilah saat kita melepas bola golf, kecepatan bola golf yang sebesar kecepatan kereta tidak hilang. Hukum Newton pertama tentang Inersia berlaku di sini.  Dan pastinya bola golf tidak akan menjauh dari gerak kereta. Ya akhirnya meringislah kita karena telapak kaki kejatuhan bola golf.

Dan sadarilah, selama kita terperangkap dipermukaan sampai atmosfir bumi maka kerangka acuan kita adalah bumi yang bulat berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari.  Helikopter yang melayang di atas bumi, air laut atau apapun, sesungguhnya dalam kondisi diam relatif terhadap bumi, maksudnya semuanya mengikuti kecepatan gerak bumi. Sama seperti bola golf saat dilepaskan di dalam kereta sesungguhnya diam relatif terhadap kereta. Dan sudah pasti helikopter harus bergerak untuk mencapai tujuannya, tidak cukup hanya melayang, air laut tidak akan berguncang dan saat kita melompat ke atas jatuhnya tidak akan jauh dari tempat semula.  Dan kita tidak akan merasa pusing, karena memang tidak ada yang perlu kita pusingkan. 

Jadi masihkah percaya bahwa bumi itu datar dan diam ???

0 Response to "BOLA GOLF JADI PENANTANG"

Posting Komentar